Ledakan di Markas Gegana Terasa hingga Radius 100 Meter, Kantor Kecamatan Rusak - BeritaSatu

 

Ledakan di Markas Gegana Terasa hingga Radius 100 Meter, Kantor Kecamatan Rusak

Surabaya, Beritasatu.com - Insiden ledakan yang terjadi di markas Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jatim, Senin (4/3/2024) siang terasa hingga sejauh 100-an meter.

ADVERTISEMENT

Akibatnya, kantor Kecamatan Krembangan yang berada berseberangan jalan dengan gudang yang meledak pun turut terkena imbasnya.

Salah seorang pegawai Kecamatan Krembangan, Saman menuturkan, kejadian ledakan yang dilihatnya terjadi sekitar pukul 10.30 WIB.

Dari lantai dua, tempatnya berdiri, Dia mengaku sempat melihat ada api yang keluar seusai ledakan. 

Tidak hanya itu, Saman juga sempat melihat ada benda yang meluncur ke atas seperti mercon, tetapi tidak meledak di atas.

"Saya lihat ada api, disusul ada yang meluncur, tetapi tidak meledak di atas layaknya mercon," ungkapnya.

Seusai ledakan kedua, Saman juga sempat melihat ledakan ketiga. Namun, ledakan ketiga itu suaranya tidak sebesar dua ledakan sebelumnya.

"Ada kilatan cahaya sebelum ledakan ketiga," ucapnya.

Seusai terdengar ledakan, Saman bersama dengan pegawai lainnya berusaha mengamankan diri dengan cara ke luar dari kantor kecamatan.

Setelah dianggap aman, dia bersama pegawai lainnya kembali ke kantor dan melihat ada banyak kerusakan. Dari hasil penyisirannya, terdapat beberapa kerusakan di lantai dua.

"Pintu ruangan copot, plafon jebol, lampu-lampu juga rusak. Ada juga kaca jendela yang pecah serta dinding kamar mandi retak," ujarnya sembari menunjukkan bagian yang rusak.

Atas kejadian itu, dia mengaku tidak ada pegawai yang terluka. Mereka dapat mengamankan diri seusai terdengar ledakan.

"Tidak ada yang terluka. Semua aman," tegas Saman.

Sebelumnya, Kapolda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto mengatakan ledakan berasal dari sisa-sisa temuan bahan peledak yang akan dimusnahkan atau akan didisposal.

"Jadi kebetulan Jibom Gegana Polda Jatim ini kita belum memiliki gudang yang standar, jadi sisa-sisa bahan peledak itu disimpan di sebelah kantornya dan gegana pagi tadi meledak," terangnya.

Diketahui, peristiwa ledakan mengguncang area Markas Detasemen Gegana Satuan Brigade Mobil Kepolisian Daerah Jawa Timur di Jalan Gresik, Morokrembangan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Senin (4/3/2024).

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Baca Juga

Komentar