Link Live Streaming Sidang Isbat Penetapan Awal Puasa Ramadan 2024 - detik

 

Link Live Streaming Sidang Isbat Penetapan Awal Puasa Ramadan 2024

Bandung 

- Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia akan melaksanakan sidang isbat Ramadan 2024 pada sore ini pukul 17.00 WIB, Minggu (10/3/2024). Sidang isbat Ramadan 1445 H/ 2024 M bakal digelar secara daring dan luring.

Tujuan sidang isbat tersebut guna memastikan awal bulan puasa Ramadan 2024 di Indonesia. Dikutip dari detikHikmah, rangkaian sidang isbat Ramadan 2024 terdiri dari tiga tahap.

Pertama, Tim Hisab dan Rukyat Kemenag akan menyajikan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Pemaparan ini akan dimulai pukul 17.00 WIB dan dapat diikuti oleh masyarakat umum secara langsung di Channel YouTube Bimas Islam.

Kedua, acara utama yaitu sidang isbat penetapan awal Ramadan 1445 H akan diselenggarakan secara tertutup setelah salat Magrib. Sidang isbat ini akan merujuk pada data hisab dan hasil rukyatul hilal yang dilakukan oleh tim Kemenag di 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Ketiga, rangkaian sidang isbat akan diakhiri dengan konferensi pers hasil sidang isbat yang juga akan disiarkan secara daring melalui media sosial Kemenag, biasanya melalui YouTube.

Berikut link live streaming sidang isbat yang bisa ditonton khalayak:

  • Link live streaming sidang isbat di YouTube Kemenag RI dapat diakses di sini.
  • Link live streaming sidang isbat di Bimas Islam TV dapat diakses di sini.

Pelaksanaan sidang isbat berlokasi di Auditorium H. M. Rasjidi Kementerian Agama, Jalan M. H. Thamrin, Jakarta Pusat. Sekadar diketahui, sidang isbat penentuan awal Ramadan 2024 akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag RI, serta hadir perwakilan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Sidang isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah," kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamarudin Amin sebagaimana dilihat detikJabar dari situs situs resmi Kemenag RI.

(bbp/bbn)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek