Makan Siang Gratis Rp15 Ribu Per Anak, Ini Menu yang Disajikan Saat Simulasi, Kenyang Gak? - Tribunnews

 Makan Siang Gratis Rp15 Ribu Per Anak, Ini Menu yang Disajikan Saat Simulasi, Kenyang Gak?

Angel aginta sembiring

TRIBUN-MEDAN.COM – Makan gratis Rp15 ribu per anak, ini menu yang disajikan saat simulasi di SMPN 2 Curug, Tangerang.

Adapun pemerintah menggelar simulasi makan siang gratis di salah satu sekolah di Tangerang pada Kamis (29/2/2024).

Simulasi makan siang gratis ini merupakan menjadi program unggulan pasangan presiden dan calon wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka jika terpilih.

Simulasi digelar di SMPN 2 Curug, Tangerang, Kamis (29/2), dihadiri langsung Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, yang bahkan sempat ikut mencicipi menu makan siang gratis yang disajikan.

Airlangga mengungkapkan bukan tanpa alasan sekolah di Tangerang dijadikan wilayah percobaan untuk menerapkan program makan siang gratis. Ini, ujar Airlangga, terkait tipologi wilayahnya.

"Kabupaten Tangerang ini punya sekolah dengan tiga tipologi nasional yaitu di perkotaan, pedesaan, dan pesisir," ujar Airlangga.

Ini pula, yang menurutnya, menjadikan Tangerang ideal untuk menjadi piloting atau percobaan program makan siang gratis.

"Oleh karena itu saya berharap simulasi ini bisa menjadi kick-off dan dapat diterapkan di tempat lainnya," ujar Airlangga.

Menu makan siang gratis dalam simulasi, kemarin, terdiri dari ketoprak yang berisi tahu, telur rebus, kacang mentah, saus bumbu kacang, lontong, dan kerupuk.

Para siswa juga memperoleh buah pisang sebagai makanan penutupnya.

Simulasi program makan siang gratis bagi anak-anak sekolah mulai dilakukan. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengunjungi sekolah SD dan SMP
Simulasi program makan siang gratis bagi anak-anak sekolah mulai dilakukan. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengunjungi sekolah SD dan SMP (HO)

Untuk paket makan siang gratis ini dianggarkan Rp 15 ribu per porsinya.

Selain menu ketoprak, disiapkan juga menu lainnya yang bisa dipilih, yakni siomay.

Seperti halnya ketoprak, anggaran untuk satu porsi siomay juga Rp 15 ribu.

Dalam simulasi kemarin, Airlangga juga menyempatkan diri berbicara dengan para siswa. Airlangga bertanya apakan porsi yang disediakan untuk makan siang itu cukup untuk para siswa atau tidak.

"Ini habis enggak kalau segini?" tanya Airlangga kepada salah satu siswa sambil menunjuk satu porsi ketoprak.

"Kebanyakan," kata siswa tersebut.

"Tuh, kebanyakan. [Biaya makan gratis] Rp 15.000 kebanyakan," kata Airlangga.

Airlangga lantas bertanya berapa para siswa rata-rata diberi uang saku oleh orang tuanya setiap harinya. Para siswa mengaku, mereka biasanya mendapatkan uang saku Rp 10.000-15.000 per hari.

"Jadi kalau makan Rp 15.000, sudah cukup, ya? Jadi uang saku bisa ditabung," kata Airlangga.

Airlangga mengatakan, dalam pelaksanaannya nanti, menu makan siang ini akan berganti setiap harinya.

"Jadi dari tiga kelas tadi, menunya berbeda. Tetapi kalorinya maupun proteinnya kita dapat. ita bisa lihat, nanti anak-anak enggak bosan (dengan menu makanan)," ujarnya.

Baca juga: Tak Terima Diselingkuhi, Wanita di Sumsel Potong Alat Vital Suami, Tetangga Terbangun Dengar Jeritan

Baca juga: Aksi Oknum Kades dan 2 Temannya Ngaku Polisi Terekam CCTV, Ancam dan Rampok HP Mahasiswa

Kemarin, Airlangga sempat mencicipi siomay yang diperuntukan untuk menu makan siang gratis tersebut. Satu porsi menu siomay, terdiri dari tiga potong siomay, satu kentang ukuran sedang, dan satu butir telur. Ada juga protein nabati, tahu dicampur bumbu kacang dan kuah.

"Ini untuk orang dewasa juga cocok, apalagi buat anak-anak," kelakar Airlangga.

Warteg Ingin Dilibatkan Program Makan Siang Gratis, Anggaran Rp15 Ribu Bisa Dapat Menu Apa Saja?

Baru-baru ini, viral di media sosial pembahasan mengenai menu-menu apa saja yang didapatkan dengan anggaran makan siang gratis Rp 15.000 per anak.

Lantas, menu apa saja yang bisa didapatkan dengan anggaran sebesar Rp15.000 tersebut?

Seorang pemilik warteg di Depok, Jawa Barat bernama Aji (26), berharap agar persyaratan untuk ikut serta dalam program makan siang gratis tidak dipersulit apabila program tersebut nantinya melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Kalau misal nanti memang mau melibatkan UMKM dan ada tata caranya, semoga enggak dipersulit hingga warteg jadi susah gabung," ucap Aji kepada Kompas.com, Rabu (28/2/2024).

Aji mengungkapkan, konteks sulit yang dimaksud adalah tata cara dan syarat berkas yang kompleks dan terlalu banyak.

"Kalau berkas administrasi seperti data diri bukan jadi persoalan, saya yakin pemilik warteg lain tuh untuk data KTP atau KK masih mau, selagi masih menguntungkan bisnis," ujar Aji.

Tak hanya itu, Aji juga menyanggupi jika perlu memberi jaminan saat mendaftar menjadi supplier atau penyuplai program makan siang gratis ke anak sekolah.

"Misal, sampai ada jaminan yang harus dibawa, selagi masih berisiko kecil dan jumlahnya aman, itu juga enggak jadi masalah," imbuhnya.

Sementara itu, pemilik Warung Nasi Tapos Sumedang di Jalan Margonda Raya bernama Nung (38) berharap ada Memorandum of Understanding (MOU) apabila UMKM dilibatkan dalam program makan siang gratis.

"Baiknya ada MOU-nya biar bisa lebih terjamin dari kedua belah pihak, terutama dari sisi sana bahwa akan membayar hingga lunas, biar enggak pada sembarangan," tutur Nung.

Sebagai informasi, pemerintah akan menganggarkan Rp 15.000 untuk setiap porsi makan siang gratis di luar susu yang nantinya juga akan diberikan.

Program ini diusung oleh pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto meengatakan, anggaran sebesar Rp 15.000 per anak didapat dari pelaksanaan uji coba atau pilot project yang telah dilakukan sebelumnya.

"Kita kan sudah membuat pilot project, nanti kita lihat lagi," kata dia saat ditemui di Kantor Kementerian Kantor Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (27/2/2024).

(*/tribun-medan.com) 

Baca juga: Polisi Tetapkan Empat Tersangka Kasus Bully di Binus School Serpong, Nasib Anak Vincent Rompies?

Baca juga: BBM Naik Mulai Hari Ini, Berikut Harga Terbaru di Pertamina , Shell dan BP Seluruh Indonesia

Baca berita TRIBUN MEDAN lainnya di Google News

Ikuti juga informasi lainnya di FacebookInstagram dan Twitter 

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek