Media Korut Beri Isyarat Putri Kim Jong Un Jadi Penerus, Apa Itu? - CNN Indonesia

 

Media Korut Beri Isyarat Putri Kim Jong Un Jadi Penerus, Apa Itu?

Minggu, 17 Mar 2024 03:30 WIB

Media pemerintah Korea Utara memberi isyarat yang semakin menguatkan prediksi bahwa putri Pemimpin tertinggi Kim Jong Un bakal menjadi penerus rezim sang ayah. (AFP/STR)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Media pemerintah Korea Utara memberi sejumlah petunjuk yang semakin menguatkan prediksi bahwa putri Pemimpin tertinggi Kim Jong Un bakal menjadi penerus rezim sang ayah.

Kantor berita Korut, KCNA, versi bahasa Inggris dan Korea merilis sejumlah foto Kim Jong Un dan putrinya, Kim Ju Ae, yang berkunjung ke rumah kaca di Pyongyang pada Sabtu (16/3).

Dalam artikelnya, KCNA menilai Kim Ju Ae sebagai "orang hebat yang memberikan bimbingan" atau "hyangdo" yang berarti panduan dalam bahasa Korea.

"Para tokoh-tokoh besar pembimbing hebat, bersama kader-kader Partai, pemerintah dan militer, berkeliling di pertanian," demikian bunyi laporan berbahasa Inggris KCNA tersebut.

Menurut sejumlah analis politik Korut, istilah "orang besar yang memberikan bimbingan hebat" biasanya digunakan orang-orang di negara terisolasi itu untuk menyebut para pemimpin senior.

Para analis mengatakan ini adalah pertama kalinya putri Kim Jong Un dianggap seperti itu oleh media Korut.

Padahal, anak perempuan yang berusia remaja itu sudah beberapa kali muncul bersama sang ayah di acara penting kenegaraan.

"Ini adalah ekspresi pertama dari mengangkat Kim Ju Ae ke peringkat seorang pemimpin," kata Yang Moo Jin, presiden Universitas Studi Korea Utara di Seoul, kepada AFP.

Direktur Pusat Strategi Semenanjung Korea di Sejong Institute, Cheong Seong Chang, juga mengatakan istilah hyangdo selama ini hanya digunakan untuk "pemimpin puncak atau penerus" rezim Korut.

"Tingkat pemujaan pribadi terhadap Kim Ju Ae sangat menunjukkan bahwa dia akan menggantikan Kim Jong Un sebagai pemimpin Korea Utara berikutnya," tambah Cheong.

Kim Jung Ae pertama kali muncul ke publik pada 2022. Saat itu, dia menemani sang ayah melihat uji coba rudal balistik antarbenua Korut.

Sejak saat itu, dia terlihat di banyak acara resmi ayahnya, termasuk latihan militer, kunjungan ke pabrik senjata, singgah di peternakan ayam baru, dan parade militer.

Dalam sebuah gambar yang dirilis oleh Pyongyang hari ini, Kim Ju Ae terlihat sedang menggunakan teropong untuk mengamati latihan pasukan terjun payung baru-baru ini.

Dalam gambar itu, Kim Ju Ae terlihat berdiri di samping ayahnya dan pejabat senior militer Korut lainnya.

Sebelum 2022, satu-satunya konfirmasi keberadaannya datang dari mantan bintang NBA Dennis Rodman, yang melakukan kunjungan ke Korea Utara pada 2013 dan mengklaim bahwa dia telah bertemu dengan bayi perempuan Kim Jong Un yang bernama Ju Ae.

Seoul awalnya mengindikasikan bahwa Kim dan istrinya Ri Sol Ju memiliki anak pertama mereka, laki-laki, pada 2010, dan Ju Ae adalah anak kedua mereka.

Namun tahun lalu, Menteri Unifikasi Korea Selatan mengatakan bahwa pemerintah "tidak dapat memastikan secara pasti" apakah Kim Jong Un sebenarnya memiliki putra atau tidak.

(rds/rds)

Baca Juga

Komentar