Mendagri Minta Kepala Daerah Perkuat Perlindungan Personel Damkar - BeritaSatu

 

Mendagri Minta Kepala Daerah Perkuat Perlindungan Personel Damkar

Minggu, 3 Maret 2024 | 19:59 WIB
TD
IC
Mendagri Tito Karnavian memberikan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya Bidang Pemerintahan Dalam Pengelolaan Perkotaan dan Batas Daerah kepada Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan yang juga pembina pemadam kebakaran dan penyelamatan seluruh Indonesia.
Mendagri Tito Karnavian memberikan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya Bidang Pemerintahan Dalam Pengelolaan Perkotaan dan Batas Daerah kepada Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan yang juga pembina pemadam kebakaran dan penyelamatan seluruh Indonesia. (Istimewa/Istimewa)

Surabaya, Beritasatu.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan permintaan kepada kepala daerah agar memperkuat perlindungan bagi para personel Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan yang terlibat dalam tugas berisiko tinggi.

ADVERTISEMENT

"Kita telah menyaksikan berbagai kasus di mana personel gugur saat menjalankan tugasnya, seperti di New York selama serangan teror 9/11. Di Indonesia juga, jumlah kasus serupa cukup signifikan. Oleh karena itu, perlindungan harus dijamin melalui asuransi, seperti BPJS, termasuk jaminan kesehatan, yang preminya dibayarkan oleh pemerintah daerah melalui APBD," ujar Tito dalam peringatan Hari Ulang Tahun Ke-105 Damkar dan Penyelamatan di Lapangan Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (3/3/2024).

BACA JUGA

Tito menekankan perlunya memperkuat satuan Damkar dan Penyelamatan. Ia juga menyoroti peran relawan, selain personel resmi berstatus aparatur sipil negara (ASN) dan honorer, yang membutuhkan perhatian serius.

ADVERTISEMENT

Kementerian Dalam Negeri telah mengeluarkan panduan melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri) Nomor 364.1-360 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran.

"Jumlah relawan ini mencapai 39.870 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, saya mengajak para kepala daerah untuk memberikan perhatian kepada mereka. Selain itu, mereka juga seharusnya mendapatkan tunjangan dan pelatihan agar kemampuannya sejajar dengan petugas resmi Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan," tambahnya.

BACA JUGA

Tito juga mendorong peningkatan kapasitas personel Damkar melalui upaya bersama antara pemerintah pusat dan daerah. Ia mengusulkan kerja sama dengan pihak eksternal untuk meningkatkan kemampuan petugas Damkar dan Penyelamatan, bahkan hingga tingkat sertifikasi jika diperlukan.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek