Pilot dan Kopilot Tidur di Pesawat karena Batik Air Tak Lakukan Pemeriksaan Kokpit dengan Baik - BeritaSatu

 

Pilot dan Kopilot Tidur di Pesawat karena Batik Air Tak Lakukan Pemeriksaan Kokpit dengan Baik

BeritaSatu.com

Jakarta, Beritasatu.com - Laporan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis hasil investigasi maskapai Batik Air dengan pesawat Airbus A320 yang mengungkap bahwa pilot dan kopilot Batik tertidur selama penerbangan dari Kendari ke Jakarta. KNKT merekomendasikan Batik Air untuk menyusun panduan dan prosedur teperinci dan memastikan bahwa daftar periksa pribadi dapat digunakan untuk menilai fisik dan mental pilot kondisi dengan benar.

ADVERTISEMENT

Prosedur darurat keselamatan (SEP) Batik Air menjelaskan untuk awak kabin melakukan pemeriksaan yang juga memuat kebijakan bahwa kokpit harus diperiksa setiap 30 menit.

Namun, itu investigasi itu tidak menemukan prosedur terperinci untuk melakukan pemeriksaan kokpit sebagaimana disebutkan dalam SEP, seperti siapa yang bertanggung jawab dan bagaimana melakukannya.

"Tidak adanya prosedur terperinci mungkin menjadi penyebabnya kebijakan pemeriksaan kokpit tidak dapat diterapkan dengan baik. Oleh karena itu, KNKT merekomendasikan Batik Air Indonesia untuk mengembangkan prosedur rinci," tulis laporan KNKT.

KNKT mengeluarkan rekomendasi keselamatan untuk mengatasi masalah keselamatan yang teridentifikasi dalam insiden ini.

Pedoman Pengoperasian Batik Air menjelaskan bahwa pilot harus mengembangkan daftar pemeriksaan pribadi, yang mencakup kategori gangguan pilot seperti penyakit, pengobatan, stres, alkohol, kelelahan dan emosi yang dapat dengan mudah disimpan dalam memori sebagai pengingat sebelum melakukan tugas penerbangan apapun.

"Investigasi tidak menemukan panduan atau prosedur terrinci dari daftar periksa pribadi IM SAFE, seperti pedoman penilaian untuk setiap kategori penurunan nilai," tulis laporan itu.

Lebih lanjut laporan itu menyebut tidak ada panduan terperinci dan prosedur yang membuat pilot tidak dapat menilai kondisi fisik dan mental mereka dengan baik.

Baca Juga

Komentar