Sambut Ramadan, Warga Jonggol Bogor Gelar Tradisi Munggahan Cicurak Bersama - BeritaSatu

 Sambut Ramadan, Warga Jonggol Bogor Gelar Tradisi Munggahan Cicurak Bersama

BeritaSatu.com

Bogor, Beritasatu.com - Menyambut bulan Ramadan, sejumlah warga menggelar tradisi acara munggahan atau cicurak di Kampung Pojok Salak, Desa Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Senin (11/3/2024). Tradisi ini merupakan sebagai bentuk kegembiraan warga menyambut Ramadan.

ADVERTISEMENT

Tradisi acara munggahan atau cicurak adalah makan nasi liwet dengan menggunakan daun pisang. Cicurak merupakan bentuk silaturahmi menjalin kebersamaan dalam kekeluargaan sesama warga lainnya.

"Ya, makan siang bersama atau dibilang papajar dalam sunah ekspresi kegembiraan menyongsong datangnya bulan Ramadan. Kegembiraan kita menjelang bulan puasa," ujar tokoh masyarakat setempat, Beben Suhendar.

Tak hanya itu, sejumlah warga lainnya pun melakukan tradisi potong rambut hingga botak plontos. Kegiatan potong rambut ini juga sebagai bentuk bersih-bersih diri menjelang bulan suci Ramadan. Harapannya pada Ramadan tahun ini mendapatkan keberkahan dalam melaksanakan ibadah puasa.

"Potong rambut ini untuk membersihkan diri dari kotoran atau bersih-bersih. Selain itu makan nasi liwet atau cicurak atau papajar kalau kata orang Sunda," ujar Wahyu, warga setempat.

Warga berharap Ramadan tahun ini mendapatkan keberkahan. "Tentu kita berharap di bulan suci Ramadan bisa melaksanakan puasa satu bulan penuh untuk menjalankan syariat Islam," ungkap Beben Suhendar.

Ramadan 1445 Hijriah

Ramadan 2024

Tradisi Munggahan Cicurak Bersama

Jonggol Kabupaten Bogor

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek