Ticker

6/recent/ticker-posts

Ad Code

Responsive Advertisement

Sederet Penyebab Asap Putih di Knalpot, dari Sepele Sampai Berbahaya - CNN Indonesia

 Sederet Penyebab Asap Putih di Knalpot, dari Sepele Sampai Berbahaya

CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Anda boleh jadi pernah mengalami sendiri atau melihat kendaraan di jalanan yang mengeluarkan asap putih dari knalpotnya. Asap putih itu artinya mesin dan sistem pembuangan gas kendaraan butuh perhatian besar karena menandakan ada komponen yang rusak.

Saat asap putih keluar dari knalpot, Anda seharusnya mulai waspada pada kondisi kendaraan. Pada umumnya asap putih berasal dari kebocoran oli yang masuk ke ruang pembakaran kemudian hasilnya, asap putih, keluar dari ujung knalpot.

Meski begitu penyebab asap putih bukan cuma itu. Berikut berbagai kondisi yang mungkin jadi penyebabnya:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kebocoran Oli

Oli mesin berperan melumasi komponen mesin yang bergesekan. Jika terdapat kebocoran oli efeknya bisa masuk ruang bakar dan ikut mengalami proses pembakaran.

Oli tidak dibutuhkan pada pembakaran di kebanyakan mesin, jika ikut terbakar maka bakal menghasilkan asap putih di knalpot.

Ring piston aus

Salah satu penyebab kebocoran oli adalah ring piston aus sehingga menimbulkan celah yang bisa dilalui oli ke ruang mesin.

Selain asap putih, gejala ring piston aus yang bisa dikenali adalah oli cepat habis atau kick starter bergerak lebih ringan dari biasanya karena kompresi berkurang.

Blok silinder aus

Sama seperti ring piston aus, blok silinder yang aus atau tergores bisa membuat jalur kebocoran oli. Kondisi keausan seperti ini umumnya disebabkan penggunaan dalam jangka waktu yang panjang atau kurangnya perawatan yang tepat.

Seal klep aus

Seal klep memiliki fungsi membuka jalur antara saluran intake dan exhaust menuju dan keluar ruang pembakaran pada mesin. Tujuannya memastikan aliran udara optimal untuk kebutuhan pembakaran.

Namun jika seal klep aus, aliran udara menjadi tidak efisien bahkan dapat mengakibatkan kebocoran oli ke dalam ruang pembakaran. Hal ini dapat menghasilkan keluarnya asap putih dari knalpot.

Masalah sistem PVCL

Menurut Suzuki Indonesia dalam situs resminya, sistem PVCL (Polyvinyl Chloride) bertugas mengatur emisi gas buang. Ketika sistem ini tidak berfungsi optimal, knalpot dapat mengeluarkan asap berwarna putih.

Apabila Anda mencurigai hal ini, segera bawa kendaraan ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

Kebocoran cairan pendingin

Fungsi cairan pendingin untuk menjaga suhu mesin agar tetap optimal dan kinerjanya stabil. Namun, jika terjadi kebocoran dan cairan pendingin masuk ke dalam silinder, knalpot akan mengeluarkan asap berwarna putih ketika mesin dihidupkan.

Kebocoran ini bisa terjadi akibat kerusakan pada kepala silinder atau gasket kepala silinder.

Kondensasi gas buang

Asap putih di knalpot tak selamanya dari kesalahan di mesin, bisa juga berasal dari kondensasi yang mengakibatkan terbentuknya asap ketika mesin dihidupkan.

Ini merupakan keadaan lazim dan biasanya akan hilang setelah mesin mencapai suhu yang cukup panas.

Sisa air di knalpot

Hal lain penyebab asap putih di knalpot yang tak berbahaya adalah terdapat sisa air di saluran pembuangan. Air ini asalnya bisa dari bekas mencuci atau sempat sedikit kebanjiran.

Saat mesin dinyalakan air tertinggal itu dapat menguap sehingga menghasilkan asap putih.

(AFR/fea)

Posting Komentar

0 Komentar