Tentara Zionis Bantai 19 warga Palestina saat Menunggu Bantuan di Gaza - Serambinews

 Tentara Zionis Bantai 19 warga Palestina saat Menunggu Bantuan di Gaza - Serambinews

SERAMBINEWS.COM- Setidaknya 19 orang telah tewas dan 23 lainnya luka-luka akibat tembakan Israel terhadap penduduk Gaza yang sedang menunggu bantuan kemanusiaan di bundaran Kuwait di Kota Gaza pada hari Sabtu, menurut Kantor Media Pemerintah di Gaza.

“Tentara pendudukan dan tank melepaskan tembakan dengan senapan mesin pada orang-orang lapar yang sedang menunggu kantong tepung dan membantu di tempat terpencil yang tidak menimbulkan ancaman bagi pendudukan,” Kantor Media Pemerintah di Gaza mengatakan.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan laporan yang mengklaim telah menyerang puluhan warga Gaza di konvoi bantuan tidak benar dan bahwa peninjauan kembali atas insiden tersebut sedang berlangsung.

Bundaran Kuwait di Kota Gaza telah dikenal sebagai daerah di mana truk bantuan mendistribusikan makanan, menarik banyak orang yang putus asa untuk persediaan.

Orang-orang yang tewas dan terluka dibawa ke rumah sakit Baptis Al-Ahli, sebelah timur Kota Gaza, menurut pihak berwenang Gaza dan jurnalis lokal Khader Al-Za'anoun, yang bekerja untuk CNN.

Seorang juru bicara Direktorat Pertahanan Sipil Gaza, Kapten Mahmoud Basal, mengklaim bahwa korban adalah akibat dari pendudukan pasukan Israel yang menargetkan penduduk yang pergi mencari makanan untuk membantu keluarga dan anak-anak mereka.

Sementara itu, IDF mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Pagi ini pukul 11 pagi (waktu setempat) IDF memfasilitasi konvoi bantuan untuk mengirimkan makanan kepada orang-orang di Gaza Utara. Setelah mendekati titik distribusi yang ditentukan, konvoi itu dicegat dan dijarah oleh ratusan warga Gaza, di utara koridor kemanusiaan.”

“Temuan awal telah menentukan bahwa tidak ada serangan udara terhadap konvoi, juga tidak ada insiden yang ditemukan pasukan IDF menembaki orang-orang di konvoi bantuan,” IDF mengklaim.

Dalam video CNN yang difilmkan di rumah sakit setelah insiden itu, beberapa kerabat korban mengatakan orang yang mereka cintai sedang menunggu untuk mendapatkan tepung dan makanan ketika pasukan Israel menembaki mereka.

Seorang pria dalam video itu, Ahmad Al-Ghoul, mengatakan sepupunya terbunuh dalam serangan itu, menambahkan, “Di mana perlindungan internasional? Dia pergi mencari makanan untuk memberi makan anak-anaknya, saudara lelaki dan perempuan dan ibunya, dia memiliki 15 orang untuk diurus.”

Video media sosial dari tempat kejadian juga menunjukkan beberapa orang yang terluka, serta satu orang yang tampak mati, dibawa pergi dari daerah dengan tandu darurat.

Beberapa serangan mematikan oleh tentara Israel pada kerumunan warga sipil yang berbaris untuk bantuan telah dilaporkan dalam beberapa pekan terakhir. Kantor Media Pemerintah yang berbasis di Gaza mengatakan awal bulan ini bahwa setidaknya 400 orang telah tewas dalam beberapa insiden serupa sejak awal perang.

CNN tidak dapat secara independen mengkonfirmasi jumlah pemerintah Gaza karena kurangnya akses media internasional ke jalur tersebut.

Pekan lalu, Pasukan Keamanan Internal Palestina di Kota Gaza mengatakan bahwa pertemuan di bundaran Kuwait akan dilarang untuk melindungi kehidupan mengingat pembantaian “ yang sering terjadi ” yang dilakukan oleh pasukan Israel. Tidak jelas mengapa bantuan didistribusikan di daerah bundaran Kuwait pada hari Sabtu.(*)

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek