Sekjen PBB Kutuk Keras Serangan Iran ke Israel - Sindo news

 

Sekjen PBB Kutuk Keras Serangan Iran ke Israel

BREAKING NEWS

Minggu, 14 Apr 2024 07:49 WIB

Serangan rudal Iran ke Israel. (AFP/-)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres buka suara usai Iran resmi melancarkan serangan ke Israel pada akhir pekan ini.

Ia mengutuk keras serangan besar-besaran yang telah dilakukan oleh Iran tersebut. Guterres juga menyerukan agar kedua negara dapat segera menghentikan konflik tersebut.

"Saya mengutuk keras eskalasi serius yang telah ditunjukkan dalam serangan berskala besar yang dilancarkan Republik Islam Iran terhadap Israel malam ini," ujar Guterres dalam pernyataan resmi, Minggu (14/4).

"Saya menyerukan penghentian segera permusuhan ini," lanjutnya.

Guterres melanjutkan pernyataan tersebut dengan mengungkapkan kekhawatiran terhadap konflik Iran-Israel. Ia menilai terdapat potensi eskalasi yang mengancam berbagai regional dari perselisihan kedua negara tersebut.

Sekjen PBB itu lantas mendesak Iran dan Israel agar menahan diri sekaligus menghindari tindakan yang berpotensi memicu konflik militer besar-besaran.

"Saya sangat khawatir dengan bahaya nyata dari eskalasi yang dapat menghancurkan semua wilayah," ujar Guterres, seperti diberitakan CNN pada Minggu (14/4).

"Saya mendesak semua pihak untuk menahan diri semaksimal mungkin guna menghindari tindakan apa pun yang dapat mengarah kepada konfrontasi militer besar-besaran di Timur Tengah," lanjutnya.

Kantor berita Iran, IRNA, sebelumnya melaporkan Garda Revolusi (IRGC) mulai melepaskan serangan pesawat nirawak (drone) hingga roket ke Israel akhir pekan ini.

IRNA melaporkan pernyataan Garda Revolusi yang menyebutkan angkatan udaranya telah menembakkan puluhan rudal ke sasaran tertentu di wilayah pendudukan Israel.

(frl/bac)

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek