Swedia Berencana Dirikan Pangkalan NATO di Laut Baltik, Rusia Bentuk Lagi Kodam Leningrad - inews

 

Swedia Berencana Dirikan Pangkalan NATO di Laut Baltik, Rusia Bentuk Lagi Kodam Leningrad

Peta pembagian distrik militer di Rusia setelah pembentukan kembali Distrik Militer Leningrad. (Gambar: Wikimedia)

MOSKOW, iNews.id – Swedia dikabarkan berencana mendirikan pangkalan NATO di Pulau Gotland di Laut Baltik. Hal itu menuai reaksi keras dari Rusia, yang menilai rencana tersebut provokatif dan dapat memicu ketegangan di kawasan.

“Pihak Rusia telah berulang kali memperingatkan tentang risiko yang timbul sehubungan dengan pengembangan militer yang dilakukan aliansi (NATO) di wilayah negara-negara anggota baru di utara Eropa,” ungkap Kementerian Luar Negeri Rusia kepada kantor berita Sputnik, Jumat (5/4/2024).

 “NATO berupaya meningkatkan potensi militernya di Baltik. Dalam konteks ini, Stockholm bermaksud untuk memperkuat Pulau Gotland yang (dinilai) ‘penting secara strategis’ untuk meningkatkan pertahanan terhadap ‘ancaman Rusia’,” kata Kemlu Rusia lagi.

Baca Juga

Kremlin Anggap Rusia dan NATO Sudah Berhadap-hadapan Langsung!

Dikatakan bahwa Swedia telah memulihkan kehadiran militernya di Gotland pada 2015. Pada April tahun lalu, sebelum bergabung dengan NATO, pasukan Swedia melakukan latihan perang berupa simulasi melawan serangan bersenjata di pulau tersebut.

“Dengan mempertimbangkan rencana Swedia itu, kami terpaksa menyatakan bahwa melalui upaya Stockholm dan aliansi Atlantik Utara (NATO) secara keseluruhan, perairan Laut Baltik yang sebelumnya damai berubah menjadi arena konfrontasi geopolitik,” kata Kemlu Rusia. 

Baca Juga

Edan! NATO Ingin Danai Ukraina Rp1.720 Triliun agar Bisa Kalahkan Rusia

Menurut Moskow, aktivitas Swedia itu memunculkan ancaman baru terhadap keselamatan navigasi dan aktivitas ekonomi di wilayah itu. Karena itu, Rusia secara hati-hati akan terus memantau perkembangan dan menilai potensi risiko atas pendirian pangkalan NATO di Pulau Gotland.

“Untuk menghentikan ancaman di arah utara, Distrik Militer Leningrad telah dibentuk kembali. Keputusan lebih lanjut untuk menjamin keamanan Rusia akan dibuat tergantung pada perkembangan situasi,” kata kementerian itu.

Baca Juga

Armenia Tak Punya Rencana Gabung NATO, meski Hubungan dengan Barat kian Mesra

Distrik Militer Leningrad didirikan sejak 1864 pada masa Kekaisaran Rusia. Distrik tersebut digabungkan dengan Distrik Militer Moskow pada 2010.

Distrik militer di Rusia setara dengan komando daerah militer (kodam) di Indonesia.

Baca Juga

Putin: Tak Masuk Akal Perangi NATO, Belanja Militer AS Rp12.800 Triliun Rusia Cuma Rp1.144 Triliun

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek