Ikut 'Jejak' AS, Mahasiswa di Irak Gelar Demo Pro-Palestina xl

 

Ikut 'Jejak' AS, Mahasiswa di Irak Gelar Demo Pro-Palestina

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Puluhan mahasiswa dan profesor di Irak berunjuk rasa di ibu kota Baghdad, mengikuti aksi mahasiswa di Amerika Serikat yang menggelar demonstrasi pro-Palestina dalam beberapa pekan terakhir.

Koresponden AFP melaporkan mahasiswa dari Universitas Al-Nahrain terlihat mengibarkan bendera Palestina dan Irak sambil menyerukan dukungan terhadap Palestina.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dengan semua yang terjadi pada orang-orang di Gaza, jelas kami harus menjadi orang pertama yang menyuarakan suara kami," kata Aya Kader (20), seperti dikutip AFP.

"Senang melihat bendera Palestina dikibarkan di universitas-universitas Amerika," ucapnya.

Sejumlah mahasiswa dan profesor juga terlihat membawa spanduk yang mendesak kemerdekaan Palestina. Beberapa orang juga terlihat mengenakan keffiyeh, syal yang selama ini menjadi simbol perjuangan Palestina.

"Kami di sini untuk memberi tahu mereka untuk menghentikan pembunuhan dan berterima kasih kepada suara-suara bebas di seluruh dunia," kata kepala fakultas teknik, Profesor Jomaa Salman.

Sejak beberapa pekan belakangan, mahasiswa-mahasiswa di AS berunjuk rasa dengan berkemah di jalanan dan sekitar kampus. Mereka mengekspresikan solidaritas dengan warga Palestina di Jalur Gaza atas agresi Zionis yang telah menewaskan lebih dari 34.500 orang.

Kendati begitu, aksi damai tersebut diwarnai dengan penangkapan oleh aparat kepolisian. Aparat menangkap sejumlah mahasiswa karena dinilai mengganggu ketertiban umum.

(blq/dna)

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek