Rusia Bakal Ambil Alih Pabrik Toyota di St Petersburg - inews

 

Rusia Bakal Ambil Alih Pabrik Toyota di St Petersburg

Rusia Bakal Ambil Alih Pabrik Toyota di St Petersburg
Produsen mobil Toyota telah menghentikan produksi kendaraan di Rusia sejak tahun lalu (ilustrasi). (Foto: Ist.)

MOSKOW, iNews.id – Pemerintah Rusia sedang mempertimbangkan opsi untuk mengambil alih pabrik milik produsen mobil JepangToyota, di Kota St Petersburg. Menurut  rencana, pabrik itu dapat dialihkan ke BUMN Rusia, NAMI.

“Pengalihan aset Rusia Toyota ke NAMI sedang dipertimbangkan,” kata Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia, Denis Manturov, kepada kantor berita TASS, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga

NAMI, yang merupakan singkatan versi Bahasa Rusia dari Institut Pusat Penelitian dan Pengembangan Mesin dan Otomotif Rusia, sebelumnya telah mengakuisisi pabrik dari Renault dan Nissan.

Pada Jumat (17/3/2023), seorang juru bicara Toyota mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan apa yang harus mereka lakukan dengan pabrik tersebut. Hal itu menyusul keputusan Toyota untuk mengakhiri produksi kendaraan di Rusia, setelah mereka menangguhkan produksi di St Petersburg Maret 2022.

Baca Juga

“Meskipun benar bahwa kami sedang mempertimbangkan berbagai opsi, belum ada yang diputuskan saat ini,” kata juru bicara tersebut.

Pada September lalu, Toyota menyatakan telah memutuskan untuk menghentikan produksi kendaraan di Rusia karena gangguan pasokan bahan dan suku cadang utama, sebagai imbas dari konflik Rusia dan Ukraina.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar