Cak Imin Jadi Cawapres Anies, Massa 212 Diprediksi Dukung Prabowo By BeritaSatu

 

Cak Imin Jadi Cawapres Anies, Massa 212 Diprediksi Dukung Prabowo

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 25, 2023
Prabowo Subianto.
Prabowo Subianto.

Jakarta, Beritasatu.com - Massa gerakan 212 diprediksi bakal mendukung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Prediksi itu disampaikan pentolan Mujahid 212, Damai Hari Lubis.

Damai Hari Lubis mengakui, massa 212 sempat terbelah dalam menentukan pilihan di Pilpres 2024, yakni antara Prabowo dan Anies Baswedan. Namun, setelah Anies memilih Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai cawapres, massa 212 saat ini condong mendukung Prabowo.

"Perkembangan politik belakangan ini ketika Anies dengan Muhaimin, nah, tentunya ada perubahan signifikan," kata Damai saat dihubungi wartawan, Senin (25/9/2023).

Damai Hari Lubis tak memerinci alasan dukungan massa gerakan 212 beralih ke Prabowo setelah Anies pilih Cak Imin. Namun, prediksi Damai Hari Lubis selaras dengan temuan survei SMRC terkait arah dukungan massa 212 di Pilpres 2024.

Survei SMRC menunjukkan sebanyak 42 persen responden yang mendukung atau setuju dengan gerakan 212 memilih Anies Baswedan dan 35 persen pendukung 212 mendukung capres Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, sementara hanya 18 persen yang mendukung capres PDIP, Ganjar Pranowo.

Dukungan kepada Prabowo dari pendukung gerakan 212 akan semakin mengalir jika ketua umum Partai Gerindra itu masuk putaran kedua dan menghadapi Ganjar Pranowo.

Dari yang setuju atau mendukung gerakan 212, sebanyak 59 persen memilih Prabowo, 29 persen memilih Ganjar, dan masih ada 11 persen yang tidak jawab. Sebaliknya, yang tidak mendukung gerakan 212, hanya 38 persen yang memilih Prabowo, 54 persen memilih Ganjar, dan 8 persen tidak jawab.

Damai Hari Lubis sepakat dengan survei SMRC tersebut. Secara pribadi, Damai mengakui sebagian besar massa 212 mendukung Prabowo. Dikatakan, jika Prabowo dan Ganjar masuk putaran kedua, massa 212 tidak akan mendukung Ganjar, melainkan mendukung Prabowo.

"Kalau menurut saya pribadi, banyak yang mayoritas lari ke Prabowo Subianto. Suka enggak suka, mau enggak mau," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria telah merespons hasil survei SMRC terkait dukungan massa 212 ke Prabowo ini. Riza mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan membuka pintu bagi setiap kelompok yang ingin mendukung Prabowo Subianto, termasuk massa 212.

"Kami hormati dan hargai dan kami bersyukur atas dukungan siapa saja yang akan berikan dukungan dan suaranya di TPS nanti tanggal 14 Februari," kata Riza.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek