Megawati: Ibu Negara Korsel Senang di Istana Batu Tulis, Ingin Datang Lagi Menginap - Beritasatu

 

Megawati: Ibu Negara Korsel Senang di Istana Batu Tulis, Ingin Datang Lagi Menginap

Megawati Soekarnoputri menerima kunjungan Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee di Istana Batu Tulis, Bogor, Kamis, 7 September 2023
Megawati Soekarnoputri menerima kunjungan Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee di Istana Batu Tulis, Bogor, Kamis, 7 September 2023

Bogor, Beritasatu.com - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengungkapkan, Ibu Negara Korea Selatan (Korsel) Kim Keon Hee menikmati kunjungannya di Istana Batu Tulis, Bogor, Kamis (7/9/2023).

Megawati mengatakan, Ibu Negara Korsel mengaku senang berada di Istana Batu Tulis dan berencana bakal datang lagi ke Indonesia untuk menginap di sana.

"Memang benar. Karena saya bilang kebun ini besar sampai ke belakang. Takutnya tidak cukup waktu. Saya bilang silakan kalau kapan-kapan datang lagi. Beliau seperti menganggap saya ibunya. Saya bilang silakan kalau mau menginap di sini. Tadi saya tunjukkan sebuah kamar yang bisa untuk ditempati," ujar Megawati seusai menerima Ibu Negara Korsel Kim Keon Hee.

Megawati menceritakan, Ibu Negara Korsel sempat bertemu dengannya di Korsel dan menyampaikan keinginan untuk berkunjung di Istana Batu Tulis jika datang ke Jakarta.

Pada Kamis ini, kata Megawati, keinginan tersebut terpenuhi dan menurut Megawati Ibu Kim Keon Hee sangat senang.

"Beliau ini menurut saya sangat senang seni, seperti arsitektur. Kalau tadi beliau melihat sangat kagum, karena rumah ini dibuat sendiri oleh Bung Karno. Kalau tidak salah dimulai tahun 1960," tutur Megawati.

Megawati memang kerap berkunjung ke Korsel dan juga Korea Utara. Bahkan mendapat amanah sebagai special envoy untuk perdamaian Semenanjung Korea. Saat membawa misi perdamaian, Megawati ke Korut pada Maret 2002 dan lanjut ke Korsel April 2002.

Megawati juga tercatat sebagai undangan untuk menghadiri pelantikan Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol yang merupakan suami Kim pada Mei 2022. Di pendopo, foto kunjungan Megawati saat pelantikan Presiden Yoon diperlihatkan Megawati ke Ibu Negara Kim.

Megawati berbincang santai dengan Ibu Negara Korsel di Istana Batu Tulis sambil memandang Gunung Salak dan Sungai Cisadane. Mereka berdua sempat berpose di depan lukisan Bung Karno. Kim Keon Hee tiba di teras depan Istana Batu Tulis pukul 16.10 WIB dan pukul 19.20 WIB, Megawati melepas Ibu Negara Korsel tersebut.

"Beliau senang sekali dan kagum dengan Istana Batu Tulis. Beliau benar-benar ingin menikmati kunjungan ini dan minta supaya acara ini tertutup untuk media," pungkas Megawati.

Diketahui, Ibu Negara Korsel Kim Keon Hee hadir di Jakarta mendampingi sang suami, Presiden Yoon Suk Yeol yang mengikuti rangkaian agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN.


Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek