Airlangga Luncurkan Gerakan Indonesia Bertadarus Al-Qur'an Disingkat Gibran - Beritasatu

 

Airlangga Luncurkan Gerakan Indonesia Bertadarus Al-Qur'an Disingkat Gibran

Sabtu, 20 Januari 2024 | 21:32 WIB
MS
DM
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Pribadi di Nagreg, Kabupaten Bandung, Sabtu, 20 Januari 2023.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Pribadi di Nagreg, Kabupaten Bandung, Sabtu, 20 Januari 2023. (Beritasatu.com/Tommy Pribadi)

Bandung, Beritasatu.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto meluncurkan Gerakan Indonesia Bertadarus Al-Qur'an atau disingkat Gibran. Peluncuran itu dilakukan bersama Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Qur.'an Al Falah 2, Nagreg, Kabupaten Bandung, Sabtu (20/1/2023).

ADVERTISEMENT

Airlangga menerangkan, gerakan ini merupakan inisiasi Ponpes Al Falah 2 yang telah didiskusikan dengan Habib Lutfi Bin Yahya dan para ulama setempat. Menurut dia, gerakan ini merefleksikan program satu desa satu hafiz (Sadesha) yang digagas mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selama menjabat.

"Sebelumnya program Kang Ridwan Kamil, Sadesha juga di sini. Makanya di momentum yang tepat untuk me-launching gerakan tersebut," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Airlangga juga menjelaskan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pesantren, seperti dana bantuan operasi sekolah (BOS), dana abadi, santripreneur, koperasi pesantren hingga balai latihan kerja (BLK). Menurut dia, program-program tersebut penting untuk dilanjutkan.

Diketahui, pemerintah telah memberikan dana BOS untuk 8,9 juta santri dan santriwati di seluruh Indonesia. Masing-masing mendapatkan dana sebesar Rp 900.000 hingga Rp 1.500.000 selama enam bulan sekali.

"Untuk dana BOS, tadi saya tanya dengan kiai dari 2.000 santri, ada 600 orang menerima bantuan dari pemerintah. Jadi, pemerintah hadir di ponpes ini dan yang diberikan pemerintah untuk perorang sebesar Rp 900.000 sampai Rp 1.500.000 setiap semester atau 6 bulan sekali," ungkapnya.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek