Heboh Surat Suara di Taiwan Tercoblos Ganjar-Mahfud, KPU: Sedang Kami Telusuri - inilah

 

Heboh Surat Suara di Taiwan Tercoblos Ganjar-Mahfud, KPU: Sedang Kami Telusuri

Jumat, 19 Januari 2024 - 20:28 WIB

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari. (Foto:Inilah.com/reyhaanah)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menegaskan bahwa pihaknya sedang menelusuri soal kabar adanya surat suara yang tercoblos duluan di Luar Negeri yakni di Taipei, Taiwan. Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari mengaku Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah mengklarifikasi dengan Panitia Pengawas Luar Negeri (Panwaslu) di Taipei ke pemilih tersebut, namun isi klarifikasinya belum bisa diungkapkan saat ini.

“Nanti kalau sudah ada hasilnya akan dilaporkan oleh teman-teman PPLN dan Panwaslu dan bisa rilis kepada teman-teman media karena sdang ditelusuri dulu,” kata Hasyim di Kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2024).

Ia menambahkan, surat suara yang sudah tercoblos itu berpeluang dimasukan ke dalam kategori sebagai surat suara rusak. “Kalau memang benar itu sudah tercoblos, itu kan metode pos ya. Sebagaimana di metode TPS nanti kita akan kategorikan surat suara rusak dan kemudian akan kita ganti dengan surat suara baru,” tuturnya.

Advertisement

Akan tetapi, keputusan dikategorikan rusak akan diputuskan usai mendapatkan penjelasan bahwa memang surat suara itu sudah tercoblos sebelum amplop dibuka. “Kalau betul, bahwa ketika buka amplop itu (sudah) tercoblos, ini kan sedang kita telusuri,” ujar Hasyim.

Secara terpisah Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengaku baru tahu soal kabar surat suara yang sudah tercoblos ini. “Belum ada laporan sih, coba kita telusuri, ini orang-orangnya kan, nanti bisa keliatan kok. Kita akan telusuri,” kata Bagja saat ditemui di Kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2024).

Sebagai informasi, viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan surat suara Peserta Pilpres 2024 dan Pileg di Taiwan yang telah tercoblos. Dari video tersebut, nampak adanya coblosan yang mengarahkan ke paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md dalam surat suara Pilpres dan pada surat suara Pileg 2024 sudah tercoblos pada nama caleg PDIP, Once Mekel.

Topik
BERITA TERKAIT

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek