Puting Beliung Porak-porandakan Permukiman di Sidoarjo, 1 Tewas Tertimpa Atap - Beritasatu

Puting Beliung Porak-porandakan Permukiman di Sidoarjo, 1 Tewas Tertimpa Atap

Minggu, 4 Februari 2024 | 20:16 WIB
SW
BW
Angin puting beliung memporak-porandakan permukiman warga di kawasan Prambon, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu 4 Februari 2024.
Angin puting beliung memporak-porandakan permukiman warga di kawasan Prambon, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu 4 Februari 2024. (Beritasatu.com/Slamet Wibowo)

Sidoarjo, Beritasatu.com - Angin puting beliung memporak-porandakan permukiman warga di kawasan Prambon, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (4/2/2024). Akibatnya, puluhan rumah porak poranda, dan sejumlah pohon tumbang. Satu orang tewas akibat tertimpa atap dalam kejadian itu.

ADVERTISEMENT

Peristiwa itu menimpa permukiman warga di Desa Kedungwonokerto, Kecamatan Prambon, Sidoarjo. Satu orang bernama Siti Romlah meninggal dunia dalam peristiwa itu akibat tertimpa atap rumah. Puluhan orang lainnya mengalami luka-luka akibat terkena material yang berterbangan.

Muhammad Yusuf, warga sekitar menuturkan, awal kejadian itu bermula saat angin muncul ke permukiman warga dari arah barat daya desa.

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

Awalnya, angin tersebut tidak terlalu kencang, tetapi tidak lama kemudian angin tiba-tiba kencang, hingga warga sekitar tidak ada yang berani keluar rumah.

"Saya keluar sendiri dari rumah, angin tambah kencang dan saya berdoa kepada Tuhan supaya angin lewat di atas tidak sampai ke bawah, ternyata angin makin kencang," ujar Yusuf.

Ia mengatakan, setelah angin makin kencang, lalu datang lagi angin yang lebih kencang dari arah timur. Angir tersebut kemudian berputar membentuk pusaran dan menyapu permukiman warga.

"Orang-orang yang tahlilan di musala pada kabur semua untuk menyelamatkan diri, karena kondisi musala atapnya juga hancur," ungkap Yusuf.

BACA JUGA

Warga lainnya, Sugianto juga menceritakan, saat angin puting beliung menerjang permukiman, ia sedang berada di depan rumahnya, Saat itu, kondisi permukiman cukup menengangkan. Angin puting beliung tidak hanya menerjang permukiman, tetapi pohon tumbang dan ranting-ranting beterbangan.

"Atap rumah warga banyak yang roboh, daun-daun dan rating pada naik ke atas," kata Sugianto.

Sementara itu, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo dan pemerintah desa setempat masih melakukan pendataan terkait jumlah korban dan rumah yang mengalami kerusakan. BPBD juga membantu warga melakukan evakuasi puing-puing material yang berserakan. Mereka membersihkan pohon tumbang yang menutup bahu jalan.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek