Bos Badan Intelijen Rusia Sebut Ukraina, Inggris dan AS Terlibat Serangan Teror Konser Musik - inews

 

Bos Badan Intelijen Rusia Sebut Ukraina, Inggris dan AS Terlibat Serangan Teror Konser Musik - Bagian All

Bos Badan Intelijen Rusia Sebut Ukraina, Inggris dan AS Terlibat Serangan Teror Konser MusikDirektur badan intelijen Rusia FSB Alexander Bortnikov menyebut Ukraina, AS dan Inggris terlibat dalam serangan di Crocus City Hall (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Direktur badan intelijen Rusia FSB Alexander Bortnikov menyebut Ukraina bersama Amerika Serikat dan Inggris terlibat dalam serangan di Crocus City Hall, Moskow, yang menewaskan sedikitnya 139 orang orang pada Jumat pekan lalu. Rusia tak percaya begitu saja ISIS sebagai pelaku serangan saat konser musik tersebut.

"Kami percaya bahwa serangan itu disiapkan oleh keduanya, kelompok radikal Islam sendiri dan difasilitasi oleh layanan khusus Barat," kata Bortnikov, dalam wawancara di televisi, seperti dilaporkan Reuters, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga

Penembakan di Rusia Bikin Panik Prancis, Perketat Pemeriksaan Tempat Ibadah

"Dinas khusus Ukraina terkait (juga) langsung dengan ini," kata Bortnikov, menambahkan.

Menurut dia, Ukraina telah mempersiapkan para pelaku di lokasi tidak dikenal di Timur Tengah.

Baca Juga

Penembakan Tewaskan 137 Orang Hidupkan Lagi Wacana Hukuman Mati di Rusia

Saat ditegaskan oleh jurnalis apakah Ukraina dan sekutunya, Amerika Serikat serta Inggris, terlibat, Bortnikov menjawab, "Kami kira itu masalahnya. Bagaimanapun, kita sekarang berbicara tentang tekstur yan kami miliki. Itu adalah informasi umum."

Pria 72 tahun itu belum mengidentifikasi pihak manapun yang secara khusus memerintahkan serangan tersebut. Namun dia menegaskan sedang menyaipkan langkah-langkah pembalasan.

Baca Juga

Serangan Teror Tewaskan 139 Orang, Rusia Incar Direktur Badan Intelijen Ukraina

Ukraina berulang kali membantah terlibat dalam serangan itu dan menyebut tuduhan Rusia sebagai kebohongan. Amerika Serikat dan Inggris menyebut ISIS di balik serangan seraya menyebut tuduhan Rusia sebagai omong kosong.

Baca Juga

Rusia Tuding Ukraina Dalang Pembantaian Massal di Gedung Konser dekat Moskow, Bukan ISIS

Sebelumnya Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Rusia Nikolai Patrushev juga menyebut Ukraina di balik serangan Crocus City Hall.

"Tentu saja Ukraina," kata Patrushev, ketika ditanya soal keterlibatan Ukraina. 

Dia menyebut ada banyak indikasi keterlibatan Ukraina.

Setelah itu Mykhailo Podolyak, penasihat senior Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menolak tuduhan itu dengan menyebutnya sebagai kebohongan.

"Kebohongan secara resmi disebarkan oleh Patrushev dan setelah itu oleh kepala FSB Bortnikov," kata Podolyak.

Sementara Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris David Cameron mengunggah pesan di media sosial X menyebutkan, "Tuduhan Rusia tentang Barat dan Ukraina pada serangan Crocus City Hall benar-benar omong kosong."

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News


Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek