Thailand Berpotensi Ubah Peta Kekuatan Asia Tenggara, Tank VT-4 dan Stingray Dipasang Baterai Lithium-Ion! - Zona Jakarta

 

Thailand Berpotensi Ubah Peta Kekuatan Asia Tenggara, Tank VT-4 dan Stingray Dipasang Baterai Lithium-Ion! - Zona Jakarta

ZONAJAKARTA.com - Dalam upaya modernisasi dan meningkatkan kemandirian militer, Angkatan Darat Kerajaan Thailand (ARDT) baru-baru ini melakukan uji coba baterai lithium ion buatan lokal pada dua kendaraan tempur mereka, yaitu tank tempur utama VT 4 dan tank ringan Stingray.

Mengutip artikel Military Leak, 5 Maret 2024, uji coba ini dilaksanakan di Kamp Sripatcharin, Provinsi Khon Kaen, Thailand, antara tanggal 2 hingga 15 Februari 2024.

Program penelitian dan pengembangan baterai lithium-ion ini didanai oleh Kantor Sekretaris Tetap Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, Riset, dan Inovasi Thailand (OPS MHESI) untuk tahun anggaran 2022.

Baca Juga: Swedia Masih Jatuh Bangun Pasarkan Gripen, Mungkinkah Turki Ikuti Jejak Thailand dan Filipina untuk Membelinya?

Dipimpin oleh ARDT dan Universitas Khon Kaen, proyek ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja baterai tersebut pada dua kendaraan tempur tersebut.

Inisiatif ini merupakan bagian dari proyek penelitian Thailand yang lebih luas yang berfokus pada pengembangan dan produksi baterai lithium-ion.

Tujuannya adalah untuk menciptakan baterai lithium-ion inovatif buatan lokal yang cocok untuk berbagai aplikasi, mulai dari memberi daya perangkat elektronik hingga kendaraan listrik.

Kendaraan yang diuji, VT-4 dan Stingray, tergabung dalam Batalyon Kavaleri 6, Resimen Kavaleri 6, Divisi Kavaleri 3.

Sementara menurut Army Recognition, kendaraan tempur berat secara tradisional menggunakan baterai timbal-asam untuk memasok daya listrik.

Namun, uji coba baterai lithium-ion ini menunjukkan peningkatan otonomi kendaraan melalui pengembangan sistem tenaga listrik yang lebih efisien.

Baca Juga: Filipina Ikuti Jejak Thailand Borong JAS 39 Gripen, Bujuk Rayu SAAB Berhasil?

Tank Stingray

Stingray, terkadang dikenal sebagai Commando Stingray, adalah tank ringan yang diproduksi oleh Textron Marine & Land Systems (sebelumnya Cadillac Gage).

Tank ini dirancang khusus untuk menggunakan komponen sebanyak mungkin dari kendaraan tempur lapis baja Amerika lainnya yang sudah ada untuk menekan biaya.

Halaman:

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek